05 April 2013

Kacang Goreng BerTelur - plus Khasiat ^____^


Antara sayur fav di dapur siti, simple but yet cukup berkhasiat, dari dulu duduk kpg, til duduk di darat ni, sayur ni memang x asing, suka jugak dipelbagaikan cara masakan.



SAYUR KACANG GORENG BERTELUR ^__^ 

Sayur kacang panjang 
Sedikit perasa CUKUP RASA 
lada merah - dihiris 
Bawang Putih dan bawang besar di kisar 
Gula & Serbuk perasa 
Sedikit air 
Telur secukupnya 

Cara penyediaan 

Panaskan minyak.Tumis bahan kisar hingga wangi dan kemudian masukkan bahan yang ditumbuk lumat tadi. Goreng hingga garing dan wangi. Sesuaikan sedikit gula dan serbuk perasa, masukkan telur yang dikocok. Akhir sekali masukkan sayur kacang dan kacau hingga sayur lembut.

DONE ^___^




Antara manfaat yang diperolehi dari sayur kacang ni 



Manfaatnya : mengandung betakaroten, klorofil, vitamin B1 dan B2, serat serta pektin. Sayuran ini berguna untuk mengendalikan kadar gula darah, mengatasi hipertensi, memperkecil risiko stroke dan serangan jantung, meningkatkan fungsi organ pencernaan, menurunkan risiko kanker, membantu mengatasi sembelit, dan bersifat sifat diuretic (peluruh kencing) tingkat sedang.

Di beberapa negara, kacang panjang digunakan untuk mengobati rematik, arthritis, dan gangguan saluran kemih. Sayuran ini berkhasiat untuk menjaga kulit dari gangguan jerawat, membantu pemulihan luka bakar, peluruh air seni, mengatasi diare, eksim, gangguan ginjal, gatal-gatal, dll.

Kandungan Gizi : Vitamin A, B1, B2 dan C, protein, tiamin, riboflavin, fosfor, zat besi, potassium folat, magnesium, mangan, kalori, sodium, karbohidrat, kalsium.

Sementara yang takut kanker payudara dan leukimia, ia ternyata menyimpan zat antikanker. Selain itu, ia juga antioksidan, antivirus, antibakteri, gangguan saluran kencing, dan meningkatkan fungsi limpa. Tentunya yang lebih penting lagi, dapat meningkatkan fungsi sel darah merah, menyembuhkan beri-beri, demam berdarah, mengatasi sakit pinggang, dan kurang darah.

Tidak hanya buah, yang bisa memberikan manfaat. Daun kacang panjang, ternyata juga memberikan banyak khasiat. Dimana untuk meluruhkan air seni, bisa diambil 50 gram daun segar kacang panjang. Bahan-bahan itu kemudian dicuci bersih. Kemudian direbus dengan dua gelas air sekitar 30 menit. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum dua kali sehari, pada pagi dan sore hari.

Untuk pengidap sakit pinggang, gunakan 200 gram biji kacang panjang, 200 gram jahe, dan 25 gram kencur. Semua bahan kemudian direbus dengan 500 cc air, hingga tersisa sekitar 200.

Bagi yang banyak aktivitas, kacang panjang bisa digunakan untuk meningkatkan stamina dan mengatasi penyakit cepat lelah. Ambillah 100 gram kacang panjang, ditambah dengan lima buah angco yang dibuang bijinya, serta 25 gram kencur. Semua bahan kemudian direbus dengan 600 cc air. Lalu biarkan hingga tersisa 200 cc. Setelah itu, airnya disaring, ditambah madu secukupnya, dan bisa langsung diminum.

Khusus penderita anemia atau kurang darah, segeralah ambil 200 gram kacang panjang, dengan ditambah 100 gram anggur dan hati ayam secukupnya. Bahan-bahan kemudian dimasak sesuai selera. Makan teratur, bisa mempercepat tercapainya hasil.

Menurut penelitian lainnya, kacang panjang juga dapat untuk menghancurkan batu ginjal, mencegah kelainan antibodi, meningkatkan fungsi limpa, meningkatkan penyatuan DNA dan RNA, meningkatkan fungsi sel darah merah, beri-beri, demam berdarah, kurang darah, sakit pinggang, rematik, pembengkakan, meningkatkan nafsu makan, dan sukar buang air besar. 


























2 ulasan:

  1. Salam Siti,

    Wah rancak berblog ya? Teruskan usaha yang secara langsung memberikan pengetahuan kepada pengunjung blog walaupun ada kalanya kita rasakan usaha sedemikan sedikit cuma.

    WaitSeminit kembali berblog dengan bersusah payah mencari idea-idea sepeti sebelumnya.

    Silalah menjenguk...

    BalasPadam
  2. ws max ^___^

    taklah rancak sgt, cuma lebih suka berblog dari berFB ehe...

    sure will menyubuk seperti selalunya ^__^

    BalasPadam