07 Ogos 2009

Khasiat Jus dalam Permakanan kita

Vitamin A dapat diperoleh dari sayuran daun berwarna hijau gelap sepertibayam, kaduk, dan buah atau sayuran berwarna kuning/oren seperti carrot, kentang, tomato, labu kuning, betik, mangga, dll. Buah dan sayur yang kaya vitamin E mampu mencegah terjadinya penyakit jantung, kancer, stroke, dan infeksi virus. Vitamin E banyak terdapat pada sayuran berdaun hijau (bayam) dan tomato. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan, kesihatan gusi, dan mencegah terjadinya luka. Dalam buah-buahan vitamin C banyak terdapat pada jambu , limau, tomato, mangga dan durian belanda.

Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan banyak buah-buahan dan sayuran selain sarat mengandung vitamin dan mineral juga mengandung zat nongizi yang ternyata manfaatnya besar bagi kesihatan. Zat nongizi yang dimaksud adalah serat, phytokimia, dan lain-lain.Dari penelitian yang telah dilakukan bahawa phytokimia dapat menetralkan racun ibat dan zat karsinogen dengan jalan menetralkan radikal bebas, menghambat enzim yang mengaktifkan karsinogen sekaligus merangsang enzim yang menetralkan zat karsinogen.

Buah-buah dan sayuran yang mengandung phytokimia di antaranya bayam, kangkung, brokoli, sawi, kacang-kacangan, tomato, betik, anggur, limau, carrot dan lain-lain.Buah-buahan biasanya dikonsumsi segar. Sayuran diolah dengan cara dimasak dengan sedikit air (ditumis) maupun berupa masakan berkuah misalnya sup. Cara lain yang banyak dilakukan akhir-akhir ini yaitu dalam bentuk jus.

Bagi yang sibuk, membeli jus di kedai makanan dan minuman lebih praktis bila dibandingkan dengan membuatnya sendiri di rumah. Namun, bila ditelaah lebih lanjut, membuat jus tidak memerlukan keterampilan khusus kerana proses pembuatannya sangat sederhana. Kombinasi berbagai macam buah dan sayur akan menjadikan jus kelihatan menarik. Selain itu, kombinasi tersebut akan menambah khasiat jus itu sendiri. Mengkonsumsi jus lebih menguntungkan dibanding dengan menyantap buah potong.

Menyiapkan jus sendiri di rumah tidaklah sukar. Anda dapat memilih sendiri buah-buahan dan sayuran yang benar-benar masak dan segar agar vitamin, mineral, dan substansi lainnya masih dalam keadaan baik. Jangan tergoda membeli yang terlalu masak, sebab Anda tidak akan mendapat seluruh nutrisi yang seharusnya. Anda juga dapat mengcontrol sendiri dengan tepat perbandingan berat buah atau sayuranyang dicampur. Kebersihan pun lebih terjamin, dan tentu lebih ekonomi.

Jus buah-buahan atau sayuran akan tetap elok warnanya bila Anda campur dengan sedikit jeruk (lemon, limau nipis). Penambahan jeruk akan menambah khasiat jus. Untuk pemanisnya lebih baik Anda gunakan madu atau gula merah (khususnya untuk jus avokado). Agar tambah lazat Anda bolehmenyejuk bahan jus terlebih dulu di dalam peti sejuk. Namun ingat bahwa tidak semua buah dapat didinginkan. Apabila Anda mahu menyimpan buah-buahan tertentu dalam waktu yang lama maka Anda dapat membekukannya dengan cara menyimpannya secara dibungkus didalam pembeku.

Umumnya buah dapat bertahan 3 bulan lamanya.Jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu buah-buahan segar atau sayuran yang hendak dijus. Guna pemberus kecil untuk memastikan semua kotoran hilang. Jangan selalu mengupas buah atau sayuran yang akan dijus karena justru nutrisi ada di bagian kulit.Jus akan sangat berkhasiat bila segera diminum setelah selesai dibuat. Kerana nutrisi dalam jus berseratmenguap dengan cepat dan akan membusuk bila terkena udara segar. Minumlah jus dengan perlahan-lahan sehingga semua khasiat jus dapat diserap dengan baik. Berikut kami berikan beberapa resepi jus buah dan sayuran yang berkhasiat mencegah sekaligus menyembuhkan berbagai penyakit.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan